ARUS MUDIK LEBARAN 2017: Luhut Dorong Pemudik Naik Kapal Ro-Ro

Pemerintah menyarankan para pemudik Lebaran 2017 untuk menggunakan kapal roll on-roll of atau kapal ro-ro guna mengurangi beban di jalur darat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan angkutan mudik Lebaran 2017 akan dibantu dengan kapal ro-ro (roll on-roll off) tujuan Jakarta-Semarang, Jakarta Surabaya, Jakarta-Lampung yang bisa menampung 300-400 kendaraan.

"Kalau menggunakan ro-ro harusnya lebih bagus, kapalnya lebih besar ada 4 Ro-Ro yang jurusan Jakarta-Surabaya, 17 jam, lebih cepat dibandingkan menggunakan mobil ke Surabaya," terangnya di Kantor Kemenko Maritim, Kamis (20/4/2017).

"Penggunaan kapal ro-ro ini juga tidak akan diwajibkan bagi pengusaha truk dan angkutan barang." ujarnya.

Sebaliknya, selama mudik Lebaran tahun ini Menko Luhut juga berharap adanya kendaraan pribadi yang mau memanfaatkan kapal ro-ro. Kapal ro-ro ini juga berlaku tujuan Lampung agar jangan terlalu padat lewat ro-ro dari Merak.

"Iya, ro-ro ini anjuran saja. Itu fasilitas yang kita sediakan, tidak hanya sekarang, seterusnya juga begitu," paparnya.

Menko Luhut menambahkan, selain adanya pembahasan soal angkutan mudik di laut, rapat koordinasi juga membahas peluang kerjasama lintas kementerian dan instansi dalam menyelenggarakan mudik gratis. Salah satu yang dibahas kata Menko Luhut adalah mudik gratis untuk sepeda motor.




(Sumber: Bisnis Indonesia)