Ini MoU Pengelolaan Gas Alam Cair

BUMN

PT Pelabuhan Indonesia III Persero (PT Pelindo III) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan kerjasama kesepakatan soal pengelolaan gas alam cair (LNG). Kerjasama ini menyangkut bisnis pasokan gas bumi untuk operasional pelabuhan, pembangkit listrik, pemanfaatan dan pengembangan infrastruktur gas bumi dan gas alam cair. Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak dan Direktur of Commerce PGN Danny Praditya pada Jumat (10/03/2017).


Selain bekerjasama dengan PGN, Pelindo III juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait kerjasama dan optimalisasi bisnis dan pemanfaatan aset perusahaan dengan PT. Djakarta Lloyd, PT Pelni, Bulog, Barata, dan PT Sriboga Flour Mill.
  
Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebutkan, kerjasama tersebut sebagai bentuk sinergi antara PGN dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memanfaatkan potensi gas bumi maupun gas alam cair yang ada di Indonesia. Pelindo III selaku pengelola pelabuhan memiliki komitmen dalam hal pemanfaatan energi yang ramah lingkungan dalam operasional pelabuhan. Dia mencontohkan Terminal Teluk Lamong di Surabaya telah membatasi operasional truk di terminal hanya untuk truk berbahan bakar gas.


"Kami juga memiliki unit bisnis yang bergerak dalam bidang terminal LNG yang bertempat di Pelabuhan Benoa, Bali yang saat ini juga menyalurkan gas untuk pembangkit listrik PLTDG Pesanggaran,” katanya di Surabaya usai tanda tangan kesepakatan, Jumat (10/03).


Ia menambahkan, kerjasama dengan PGN dapat meningkatkan kinerja perusahaan baik untuk Pelindo III maupun PGN. Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa Pelindo III sebagai operator terminal, memiliki rencana untuk memenuhi pasokan listrik melalui pembangkit yang dibangun oleh perusahaan. Hal itu dimaksudkan agar pasokan listrik yang tadinya diperuntukkan untuk pelabuhan dapat kembali dialokasikan kepada masyarakat.


"Yang pasti dengan kerjasama ini masing-masing pihak dapat saling belajar dan saling mengisi untuk kepentingan bisnis masing-masing yang tentunya untuk bangsa dan negara,” imbuhnya.


Sementara itu, Direktur of Commerce PGN Danny Praditya menyatakan, sebagai pemain utama bisnis gas bumi di Indonesia, PGN akan terus memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat. "Dengan kerjasama ini kami dapat membantu Pelindo III dalam hal pemenuhan kebutuhan gas bumi di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III," ujar Danny.


(Sumber: www.laporannews.com)