Menhub Minta Insan Transportasi Aplikasikan Nilai Pancasila

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh insan transportasi untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam melaksanakan tugas di sektor transportasi. Hal tersebut disampaikan pada acara puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kementerian Perhubungan yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (1/6/2017).

"Pancasila itu tentang etos kerja, tentang keberagaman. Mudah-mudahan bisa diterapkan di dalam pekerjaan di sektor transportasi," katanya.

Lebih lanjut, Budi meminta para penyelenggara transportasi tetap waspada terhadap segala bentuk pemahaman yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, yang dapat mengganggu stabilitas keselamatan dan keamanan, khususnya di sektor transportasi. Dia meminta semua pihak terkait sektor transportasi  untuk meningkatkan pengamanan di titik-titik rawan seperti di terrminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan.

"Kita harus tetap waspada terhadap gerakan-gerakan yang dapat menimbulkan gangguan pada fasilitas transportasi publik seperti beberapa waktu lalu terjadi teror bom di halte bus Tranjakarta di Terminal Kampung Melayu," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Budi turut menyaksikan penyerahan bantuan pendidikan kepada yayasan pondok pesantren yang ada di sekitar lokasi Sekolah STTD oleh beberapa BUMN Transportasi.

Pada masa angkutan Lebaran yang segera berlangsung dalam waktu dekat ini, dia meminta semua jajarannya untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpang yang akan melaksanakan mudik.



(Sumber: Bisnis Indonesia)