Presiden Jokowi Bakal Hadiri Pertemuan G20 di Jerman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri pertemuan antarnegara-negara G20 (G20 Summit) yang akan berlangsung di Hamburg, Jerman. Pertemuan tersebut berlangsung selama 2 hari pada 7-8 Juli 2017.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ada tiga tema yang diangkat dalam pertemuan G20 ini. Pertama, soal keberlanjutan pertumbuhan ekonomi global dengan memperhitungkan aspek-aspek lingkungan.
 
"Presiden ke Jerman pada G20 menekankan pada tiga tema utama. Pertama adalah mengenai sustainability, yaitu bagaimana masalah pertumbuhan ekonomi global dapat dilakukan secara inklusif dan berwawasan lingkungan," ujar dia dalam di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Kedua, soal upaya untuk‎ mengantisipasi risiko dan juga uncertainty yang masih berlaku di dunia ini. Dan ketiga, mendorong adanya aksi bersama (collective action) untuk pembangunan.
 
Selain itu, lanjut Retno, Presiden Jokowi akan menjadi pembicara pada sesi yang mengangkat tema melawan aksi-aksi terorisme di dunia. Jokowi juga akan berbicara soal pertumbuhan ekonomi dan keuangan.
 
"Di G20 ada lima sesi dan Presiden sudah diminta untuk bicara sebagai lead speaker untuk isu counter terorism. Presiden juga akan menyampaikan intervensi di sesi 1 terkait masalah ekonomi dan keuangan," ujar dia.




(Sumber: www.liputan6.com)