SAIL SABANG 2017: 100 Yacht Akan Dihadirkan

Pemerintah menargetkan 100 kapal yacht dalam penyelenggaraan Sail Sabang 2017 di Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam pada 28 November 2017 sampai 5 Desember 2017.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Sabang yang dijuluki sebagai "Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional” ini akan berlangsung di empat lokasi yaitu; Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan 4 Km. 0 (nol).

“Rakor hari ini membahas sejumlah agenda persiapan 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibiltas), persiapan SDM, serta strategi promosi untuk menyukseskan event Sail Sabang 2017,” kata Menko Luhut di Sari Pan Pacific, Rabu (29/3/2017).

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengatakan akan ada 100 yacht yang tiba di Sabang saat event tersebut. Adapun 100 kapal yacht itu akan melewati beberapa pulau dan singgah misalnya di Kupang, Badas, Nusa Tenggara Barat, Banyuwangi, Karimunjawa, Belitung, dan Bintan.

Dia menjelaskan akan pula flag off yachts dari Darwin, akan berlangsung pada 9 Juli 2017 disusul dengan konvoi kapal-kapal yacht yang diberangkatkan bersama-sama dari Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand). Dia memperkirakan seluruh yachts sudah masuk ke Sabang pada hari Jumat, 1 Desember 2017.

“Kita memberi kemudahan para yachter dengan fasilitas pelayanan CIQP satu atap,” kata Dadang.

Dadang menambahkan bahwa untuk meningkatkan animo, promosi Sail Sabang 2017 telah dilakukan melalui media online dan offline baik di dalam dan luar negeri, serta ruang di tempat-tempat strategis mancanegara. Misalnya di Changi Airport Singapura dan Kuala Lumpur International Airpor (KLIA) serta melalui penayangan di CNN, BBC, dan FOX. Promosi juga dilakukan lewat komunitas yachter internasional dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa.

“Para yachter ini sebagai gabungan peserta yacht rally antara rute Sail Indonesia dan Sail 2 Indonesia, maupun Sail Banyuwangi sebagai pra-event Sail Sabang 2017,” jelasnya.


(Sumber Foto: Antara, website berita: bisnis indonesia.com)