Susi Bakal Dorong Pemberantasan Illegal Fishing di Forum PBB

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menghadiri pertemuan PBB membahas soal kelautan. Pertemuan bernama UN Ocean Conference ini dilakukan di kantor PBB, New York, Amerika Serikat mulai 5-9 Juni 2017.

"Saya akan menyuarakan pemberantasan IUU Fishing (Illegal, Unreported, and Unreported Fishing) sebagai bagian dari transnational organized crime," kata Susi usai rapat persiapan delegasi Indonesia untuk UN Ocean Conference ini di kantor Pengutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York, Senin malam waktu setempat (4/6/2017).

Tak hanya Susi, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan juga ikut hadir dalam forum tersebut selaku Kepala Delegasi Indonesia. Hadir juga Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman. Kemudian hadir juga Koordinator Staf Khusus Satgas Pemberantasan Illegal Fishing, Mas Achmad Santosa.

Pemberantasan illegal fishing memang jadi fokus utama Susi selama menjabat sebagai menteri. Dia meyakini pemberantasan illegal fishing merupakan kunci dari pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia, yang berkelanjutan dan membawa kesejahteraan.

Telah banyak aksi penenggelaman kapal yang dilakukan Susi untuk memberikan efek jera terhadap para pelaku illegal fishing. Pemberantasan illegal fishing juga ternyata mengungkap banyak kejahatan lain di laut. Kasus perbudakan dan penyelundupan barang juga terjadi di laut, dan terungkap saat pemberantasan illegal fishing dilakukan. Ini pernah terjadi pada kasus kapal Benjina.

Kasus sindikat mafia terorganisir juga terungkap di laut, seperti yang terjadi pada kasus kapal FV Viking dan Hai Fa. Akan ada sejumlah agenda konferensi dan pertemuan bilateral yang akan dihadiri oleh Susi dalam forum tersebut. 



(Sumber Foto: Humas KKP, Sumber Berita: Detik Finance)