Tanjung Priok Akan Menjadi Pintu Masuk Impor Bawang Putih

Pasokan bawang putih impor bakal masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Selama ini bawang putih impor hanya bisa masuk lewat Pelabuhan Tanjung Perak dan Belawan, dengan pintu utama di Tanjung Perak.

“Tanjung Priok akan dibuka sebagai tempat masuknya bawang putih. Ini adalah hasil kajian analisis risiko, kajian ilmiah yang telah kami lakukan,” ujar Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Barantan) Banun Harpini di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Juni 2017.

Menurut hasil analisis risiko yang telah dilakukan Barantan, bawang putih dianggap aman untuk bisa dibongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok. Sebab, bawang putih konsumsi dari sisi ilmiah, risikonya lebih rendah dibanding ketika masih berbentuk bibit. Kajian itu, menurut Banun, melibatkan sejumlah pakar untuk membahas risiko-risiko apa saja saat bawang putih itu diimpor. “Apa ada penyakit, hama, yang biasa terdapat di bawang putih serta bagaimana mengendalikannya,” katanya.

Selain itu, telah dilakukan evaluasi beban yang masuk ke Tanjung Perak. Beban yang masuk sangat besar bila dibandingkan dengan kapasitas pelabuhan itu. Apalagi per Mei 2017, bawang putih yang masuk 67 persen lebih banyak dibanding tahun lalu. "Sedangkan kami juga mengikuti perkembangan industri yang butuh pemasukan dari impor.” ujarnya.

Banun menilai saat ini sarana di Tanjung Priok sudah sangat memadai. Berdasarkan pada kajian ilmiah dan perbandingan antara beban yang akan masuk dan kapasitas sarana yang tersedia, pemerintah berani segera membuka Tanjung Priok sebagai pintu masuk impor bawang putih. Ini juga untuk pembagian risiko sehingga tidak terpusat di Tanjung Perak. 

Tahun 2015, Indonesia memproduksi bawang putih 20.295 ton dengan luas tanam 2.500 hektare. Sementara itu, kebutuhan bawang putih Indonesia mencapai 500 ribu ton per tahun, sehingga 90 persen harus dipenuhi melalui impor.

Berdasarkan data Barantan, total impor bawang putih mencapai 321 ribu ton pada 2016. Sedangkan selama periode Januari 2017 hingga Juni 2017, impor bawang putih mencapai 171 ribu ton.




(Sumber: Tempo.co)