Tol Akses Priok dibuka, Jokowi Berharap Biaya Logistik Turun

Jalur Tol Akses Tanjung Priok mulai besok dapat dilewati oleh para pengendara. Hari ini, Sabtu (15/4/2017), Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalur Tol Akses Tanjung Priok ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, dengan dioperasikannya jalan tol ini akan mampu menjadi faktor peningkat daya saing Indonesia khususnya dalam hal logistik. Nantinya, jalan tol ini akan dilewati sekitar 3.600 kontainer setiap hari sehingga mampu menurunkan biaya logistik di Indonesia, terutama yang melalui pelabuhan ini.

"Ini akan memiliki daya saing kecepatan pengantaran barang-barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok karena ini merupakan main port kita Begitu di sini tidak lancar semua akan jadi lambat. Segera bisa dioperasikan ke akses tol Tanjung Priok ini, sehingga kecepatan kapal konter masuk dan keluar bisa dilayani dengan baik," ujarnya.

Jokowi menambahkan, dengan dioperasikannya jalan tol sepanjang 11,40 km ini akan meningkatkan kapasitas jalan metropolitan Jakarta dan semakin memperkuat konektivitas dalam mengembangkan potensi ekonomi Indonesia.

"Ini juga mampu mengurangi waktu tempuh dan menurunkan biaya transportasi sebesar kurang lebih 30%, serta memperlancar perpindahan arus angkutan barang dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan kontainer terbesar di tanah air," tuturnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Akses Tanjung Priok merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, serta langsung ke pelabuhan.





(Sumber: Bisnis Indonesia)