Dirgahayu PT Djakarta lloyd (Persero) ke- 66 Tahun

66 Tahun berkarya


Layaknya perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah di masa pra-kemerdekaan. Semua jiwa dan raga dipertaruhkan. Semata-mata untuk menciptakan kebebasan dari rezim penjajahan. Semangat itu yang kiranya sama dengan perjuangan mempertahankan PT Djakarta Lloyd dari berbagai situasi yang sulit. Sempat jaya dengan menjadi salah satu perusahaan kelas dunia yang membanggakan Indonesia. PT Djakarta Lloyd lalu sempat dihadapkan pada situasi yang kurang baik. Namun, situasi yang tidak mengenakan itu telah terlewati. Perusahaan milik negara Republik Indonesia yang didirikan pada 18 Agustus 1950 itu mempunyai satu tujuan mulia untuk mengisi kemerdekaan dalam ekonomi sekaligus sebagai alat pemersatu bangsa.

PT Djakarta Lloyd saat ini sedang berbenah. Kita masih berupaya melengkapi proses restrukturisasi yang sudah berjalan dengan mental profesionalisme yang baru. Dengan pembenahan internal itu, kita kikis habis mentalitas masa lalu yang kurang baik. PT Djakarta Lloyd kini menawarkan berbagai macam keunggulan. Profesionalisme. Transparansi. Kredibilitas. Hingga pengembangan manusia unggul. Itu karena kami percaya, bahwa bahan bakar perusahaan adalah manusia.

Kini, PT Djakarta Lloyd menggerakan perusahaan dengan mendasarkan sepenuhnya pada kekuatan sumber daya manusia yang bermental pejuang. Pada tahap ini, PT Djakarta Lloyd ingin terus berlayar menuju perusahaan pelayaran kelas dunia dengan membawa visi negara maritim Indonesia. Sejarah telah menjadi saksi menyaksikan para pejuang perubahan Djakarta Lloyd. Dari dulu hingga kini. Dan dengan adanya dinamika perubahan zaman dan kemajuan. Insan Djakarta Lloyd juga harus mentransformasikan mentalnya agar melampaui zaman. Dengan mindset manusia unggul, berupaya menjadi pemimpin, melakukan profesionalisme, kerja keras, berdaya saing, dan merupakan nilai berorientasi pada target. PT Djakarta Lloyd berupaya menggelorakan pembentukan pejuang yang mempunyai mental petarung.

Kini, modal utama Djakarta Lloyd adalah manusia, bukan banyaknya aset kapal. Dan bila manusia itu mempunyai mentalitas pejuang yang sesuai dengan perkembangan zaman, maka PT Djakarta Lloyd akan maju menjadi perusahaan yang besar. Sehingga nantinya akan memimpin misi kemaritiman di Indonesia. Untuk itu, setiap insan PT Djakarta Lloyd harus berubah. Dari yang tadinya bersikap pasif, harus menjadi aktif. Dari pesimis menjadi optimis. Dari yang tadinya mengeluh, kini lebih fokus pada solusi. Dari yang mudah menyerah, kini harus menjadi pantang menyerah. Dari yang hanya berorientasi pada hasil, kini harus berorientasi pada proses itu sendiri. Dan dari yang sekedar menjadi penonton, kini harus menjadi pelaku dan bisa mengubah.  Intinya setiap insan Djakarta Lloyd mempunyai pandangan yang jauh ke depan untuk menebak masa depan.

 Kita harus memulai perjuangan ini dari diri kita sendiri. Untuk menjadi panutan pada yang lainnya. Untuk menunjukan sikap seorang pemimpin yang optimis dan mampu menularkan harapan. Untuk dapat mendengarkan pendapat. Kita harus berperilaku santun dan bijaksana agar dapat melakukan sinergi positif pada setiap pihak. Kini giliran kita. Bukan yang lain. Untuk melaksanakan perubahan mindset pada diri masing–masing. Bagaimana melakukannya? Yaitu dengan mulai menerapkannya pada lingkugan kerja kita sendiri. Kita harus menjadi manusia yang aktif. Menjadi orang yang optimis, giat bekerja dan tak mudah putus asa serta bersedia menjalankan proses demi keberhasilan yang maksimal, Perubahan ini bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Perubahan itu bisa dan sangat bisa dilaksanakan. Salah satunya adalah dengan cara membangkitkan nilai–nilai positif yang dibalut dengan kerja keras.

 Dan, Anda, kami, dan kita semua harus tahu. Semua itu, kini sedang dilaksanakan di PT Djakarta Lloyd. Dan peringatan Hari Ulang Tahun Djakarta Lloyd yang ke-66 ini dibentuk untuk meningkatkan kemajuan itu semua. Mari, kita sama-sama merayakan perjuangan ini bersama-sama, untuk kita, dan untuk bangsa. Logo Hari ulang tahun PT Djakarta LLoyd ini juga dibentuk bukan tanpa alasan, Bulan Sabit selalu bermakna sebagai penanda waktu menuju bulan baru. Dalam hal ini kami maknai dengan perubahan zaman, maka kami beri makna agar perusahaan yang harus selalu memperbaharui keadaan menjadi lebih baik.

dan pada usia ke- 66 tahun berdirinya perusahaan kami, ini merupakan saat yang penting untuk mempersiapkan generasi penerus perusahaan, mempersiapkan generasi yang lebih dinamis pada perubahan zaman dalam upaya nyata dan berkehendak sesuai dengan sifat-sifat ketuhanan.