FORGOT YOUR DETAILS?

Mr. Darwis Djamin

adalah seorang saudagar kaya  dan juga  merupakan salah satu tokoh berpengaruh pada perjuangan bahari dan maritim dimasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. beliau adalah pendiri sekaligus pemimpin pangkalan TKR Laut di Tegal lalu menjadi Pangkalan IV Tegal dan juga pendiri perusahaan pelayaran nasional pertama di Indonesia yang bernama  N. V Djakarta Lloyd.

Mr. Darwis Djamin (atau oleh masyarakat Kota Tegal lebih dikenal dengan Kolonel Darwis) adalah seorang  tokoh pejuang maritim asal Sumatera Barat yang sangat berpengaruh pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. banyak sekali jasa-jasa beliau yang dikenang oleh masyarakat tegal sebagai kota bahari. beliau pada awalnya hanyalah seorang saudagar kaya yang merasa terpanggil untuk ikut bergabung dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. beliau memiliki banyak relasi dan pengalaman dalam perbekalan dan penyempurnaan persenjataan sehingga beliau dipercaya untuk menjadi pimpinan TKR Laut di Tegal yang kini menjadi Pangkalan IV Tegal.

Kekuatan pasukan ALRI Pangkalan IV Tegal ini cukup besar di bawah pimpinan Panglima Kolonel Darwis Djamin, di dukung oleh satuan-satuan yang telah ada sebelumnya yaitu Corps Mariniers (CM), Corps Armada, Corps Navigasi, Corps MSD/ Teknik Mesin, Corps Kesehatan, Corps Administrasi, Corps PHB, Corps Penerangan, Corps Penerbangan dan Corps Polisi Tentara Laut. dibawah kepemimpinan MR Darwis Djamin Pangkalan IV Tegal ini berkembang sangat pesat, banyak sekali misi perampasan dan penyelundupan yang berhasil meningkatkan kapasitas perlengkapan/ perbekalan dan persenjataan sehingga Pangkalan IV Tegal menjadi salah satu kekuatan yang sangat diperhitungkan bukan saja di lingkungan ALRI, namun juga sangat diperhitungkan oleh tentara Sekutu/ Belanda.

Setelah Indonesia memperoleh kedaulatannya secara penuh melalui hasil  perundingan Konfrensi Meja Bundar (KMB), dan sejalan dengan itu pada tubuh TNI Angkatan Laut terdapat re-organisasi agar pangkalan-pangkalan di jawa dan sumatera di koordinasikan secara lebih efektif dalam pusat komando maka Mr. Darwis Djamin merasa perang fisik untuk mempertahankan kemerdekaan telah usai, tetapi dengan rasa cintanya pada dunia maritim maka beliau bersama para aktivis kemerdekaan dan relasi bisnisnya mendirikan perusahaan pelayaran nasional pertama pada tanggal 18 Agustus 1950 dengan nama N.V Djakarta Lloyd.

Darwis Djamin dan para tokoh pejuang maritim Kota Tegal sering melakukan diskusi tentang berbagai gagasan untuk melanjutkan perjuangan anak Bangsa setelah Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. cita-cita mulia tersebut akhirnya menjadikan langkah perjuangan baru dalam bentuk korporasi yang bernama N.V Djakarta Lloyd. diharapkan N.V Djakarta Lloyd menjadi alat pemersatu untuk pecepatan pembangunan dan ketahanan Bangsa Indonesia.

 

 

 

TOP