FORGOT YOUR DETAILS?

Dewan Komisaris

Syahril Japarin

Komisaris

Lahir di Padang, 08 November 1966. Syahril menjabat sebagai Komisaris Independen, berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-122/MBU/05/2018 tertanggal 8 Mei 2018. Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mulai kariernya di perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan dan kontraktor minyak dan gas (migas). Peraih penghargaan CEO Terbaik ini, pernah tergabung di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pontianak, Kalimantan Barat. Selanjutnya, Syahril menjabat sebagai CEO PT. Thames PAM Jaya, yang sekarang telah berganti nama menjadi PT.Aetra. Syahril pernah menerima berbagai penghargaan, diantaranya Peringkat 1 Pemimpin Perusahaan Terbaik 2010, Kategori Overall Inner Power;serta Peringkat 5 Pemimpin Perusahaan Terbaik 2010. Sebelum bergabung di PT. DJAKARTA LLOYD (Persero), dia menjabat sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).

Heru Sakti Wibowo

Komite Audit

Gempita Pratiwi

Sekretaris Dewan Komisaris

Sambutan Komisaris Utama

Para Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan Yang Terhormat,

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas limpahan nikmat dan anugerahnya, PT DJAKARTA LLOYD (Persero) dapat melewati   tahun 2018 yang penuh tantangan dengan capaian kinerja yang cukup baik. Perkenankanlah saya mewakili Dewan Komisaris menyampaikan Laporan Pengawasan terhadap kegiatan operasional DJAKARTA LLOYD untuk   tahun 2018. Penilaian Kinerja Direksi Kondisi ekonomi pada   tahun 2018 sangatlah menantang.

Dewan Komisaris menyadari, kondisi perekonomian sepanjang   tahun 2018 memberikan dampak yang cukup besar terhadap kinerja Perseroan. Dalam kondisi tersebut, pelaku industri dipaksa untuk mengkaji ulang rencana bisnisnya. Hal itu sangat mempengaruhi terhadap kinerja bisnis Perseroan yang memberikan layanan jasa perkapalan. Di tengah kondisi tersebut, DJAKARTA LLOYD masih dapat membukukan kinerja yang positif.   tahun 2018, Perseroan berhasil membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp 32 miliar. Pencapaian tersebut sebesar 86% dibandingkan RKAP 2018. Total aset Perseroan tahun   relatif tidak mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017 yakni sebesar Rp 856 miliar.

Dewan Komisaris mengapresiasi kinerja Direksi yang telah berhasil melakukan pencapaian positif hingga   tahun 2018 ini diantaranya dengan mengambil sejumlah inisiatif strategis dalam menyikapi kondisi perekonomian sepanjang   tahun 2018. Langkah yang diambil Direksi untuk meningkatkan kerja sama dan sinergi dengan BUMN lain sangatlah tepat. Selain sejalan dengan program kerja Kementerian BUMN, sinergi tersebut memberikan dampak yang cukup baik terhadap kinerja DJAKARTA LLOYD, tidak hanya untuk jangka pendek, tapi juga secara jangka panjang.   tahun 2018, DJAKARTA LLOYD juga telah memperluas cakupan layanan pada beberapa segmen bisnisnya. Menurut Dewan Komisaris, langkah ini merupakan langkah yang sangat baik untuk terus memperluas segmentasi pasar DJAKARTA LLOYD. Atas pencapaian kinerja keuangan dan operasional yang cukup baik tersebut, Dewan Komisaris memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direksi dan jajarannya.

Pengawasan Aktif Dewan Komisaris Pencapaian target anggaran merupakan salah satu fokus utama Dewan Komisaris. Oleh karena itu, Dewan Komisaris terus memantau kinerja Perseroan dari waktu ke waktu, termasuk dalam hal penerapan strategi perusahaan. Dewan Komisaris selalu mempelajari laporan kinerja bulanan Perseroan. Dewan Komisaris meminta penjelasan secara langsung dari Direksi terkait implementasi strategi yang dijalankan Perusahaan. Jika dirasa perlu, Dewan Komisaris juga dapat meminta penjelasan dari pejabat terkait dan melakukan pengawasan secara langsung, baik di Unit Kerja maupun Kantor Cabang. Fokus utama pengawasan Dewan Komisaris adalah terhadap implementasi strategi usaha yang dijalankan Direksi. Dewan Komisaris harus memastikan bahwa strategi yang dijalankan Perusahaan telah sesuai dengan rencana Perusahaan dan berada pada koridor hukum yang tepat. Pandangan Terhadap Prospek Usaha Perusahaan Perekonomian nasional pada tahun 2019 diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi makro tersebut akan berdampak pada kembali menggeliatnya sektor-sektor industri. DJAKARTA LLOYD menatap tahun 2019 dengan optimisme yang tinggi. Optimisme tersebut didukung dengan kesiapan infrastruktur dan kapasitas Perusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggannya. DJAKARTA LLOYD memiliki kapasitas dan kompetensi yang sangat memadai. Hal tersebut akan menjadi selling point bagi DJAKARTA LLOYD di antara pemain lainnya. Dewan Komisaris meyakini DJAKARTA LLOYD dapat memaksimalkan potensi pasar yang ada di dalam negeri, sembari mulai melihat peluang yang ada di pasar ASEAN seiring telah bergulirnya pasar bebas ASEAN. Pandangan Terhadap Implementasi Tata Kelola Perusahaan Tata Kelola Perusahaan merupakan aspek yang sangat penting untuk memastikan keberlanjutan Perusahaan. Karena itu, implementasi prinsi-prinsip Tata Kelola Perusahaan dalam operasional Perusahaan adalah hal wajib yang tidak dapat ditawar.

Dewan Komisaris mengapresiasi komitmen yang ditunjukan Direksi dan jajarannya terhadap implementasi prinsip Tata Kelola Perusahaan. Komitmen tersebut telah ditunjukkan melalui upaya yang dilakukan secara terus menerus untuk memperbaiki dan menyempurnakan penerapan prinsip Tata Kelola Perusahaan. Kemajuan yang terlihat dalam pelaksanaan GCG di   tahun 2018 adalah meningkatnya kedisiplinan dan kepatuhan terhadap regulasi, lebih transparannya pengambilan keputusan serta pemantauan dan penanganan kasus-kasus yang dilaporkan. Penilaian kinerja komite di Bawah Dewan komisaris Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite di bawah Dewan Komisaris, yaitu Komite Audit. Komite tersebut telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan aturan yang berlaku. Komite Audit telah melakukan peninjauan dan pemantauan yang efektif menyangkut aspek transparansi, akuntabilitas serta kepatuhan. Diantaranya meyakinkan terselenggaranya proses pelaporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, melakukan review dan evaluasi untuk meyakinkan terselenggaranya proses audit internal dan eksternal yang independen dan objektif, membahas kecukupan pengendalian intern, serta terselenggaranya praktik tata kelola perusahaan yang sehat.

Apresiasi Sebagai penutup, perkenankan kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja keras Direksi dan seluruh pegawai DJAKARTA LLOYD yang telah mengantarkan Perusahaan meraih kinerja yang cukup baik. Dewan Komisaris juga memberikan apresiasi kepada Pemegang Saham dan para Pemangku Kepentingan lainnya atas dukungan yang telah diberikan selama ini. Tak lupa, Dewan Komisaris juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelanggan, mitra kerja dan juga Pemangku Kepentingan lainnya atas semua dukungan dan kepercayaan yang selama ini diberikan kepada DJAKARTA LLOYD. Semoga kerja sama dan dukungan tersebut dapat terus berlanjut di waktu mendatang.

 

Jakarta, Januari 2019

Syahril Japarin

Komisaris

TOP